Sabtu, 24 Oktober 2015

Tutorial Memotret Light Trails (Fotografi)

Kembali lagi ke segmen Tutor Ngawur. Tapi, kali ini gue mau bahas tutorial yang agak bener. Tutorial kali ini masuk ke dunia fotografi, cara memotret 'Light Trails'.Sebenernya sih gue juga belum terlalu jago dalam dunia fotografi, tapi trik ini udah gue uji dan berhasil, jadi nggak ada salahnya gue share. Light trails apaan sih? Jadi light trails itu... emm.. gimana ya... gue jelasin pakai contoh aja, deh.

Gini nih, Light Trails. Source :google.com

Nah, udah paham kan apa itu Light Trails? Belum? Gugling sendiri lah. Oke, lanjut ke tutorial.

Hal-hal yang kalian butuhkan (menurut gue) antara lain:
  1. Kamera. (iyalah!) kalo gue pake kamera DSLR, nggak tau pocket cam bisa apa nggak
  2. Tripod, kalo ini yang punya aja, nggak wajib. Gue aja nggak punya tripod!
  3. Lens Hood, nggak wajib banget!
  4. Keberuntungan. Ya, kalo ini sih buat gue aja, maklum amatiran. Kadang beginner's luck ngebuat foto jadi lebih keren. Atau cuman gue aja ya?
  5. Teman. Ini sih nggak penting, kecuali kalian rela kesepian. Tapi gue saran in bawa temen buat ngobrol.
Setting kamera:
  1. Setting kamera ke mode manual, kalo di kamera gue simbolnya "M"
  2. Atur ISO kalian ke angka paling rendah, punya gue, sih 100
  3. Set Aparture ke paling tinggi, biasanya f/4 atau f/8 (semakin kecil angka semakin baik)
  4. Nggak usah pake flash
  5. Atur speed shutter diatas 10" (detik), gue pake yang 30" atau kalian bisa coba BULB mode.
  6. Atur titik fokus ke infinity.
Apa-apa yang harus kalian lakukan:
  1. Cari tempat aman buat memotret, contohnya di pinggir jalan atau trotoar. Jangan di tengahnya, nanti ketabrak. Eh tapi kalo ditengahnya ada median jalan nggak masalah sih, kalian bisa ambil foto disitu. Ato kalo nggak kalian cari jembatan penyebrangan buat ngambil foto diatasnya.
  2. Taruh kamera diatas tripod. Ingat, tripod nggak wajib. Cuman kalian harus pinter cari tempat yang rata untuk menaruh kamera. Kalo saking kepepetnya nggak ada tempat, kalian bisa pegang kamera langsung dengan catatan nggak boleh bergerak. Lamanya tergantung kalian set berapa speed shutternya.
  3. Cek settingan kamera kalian seperti yang diatas, nggak wajib sih, kalian bisa coba ber-eksperimen sendiri
  4. Bersiap untuk menekan tumbol shutter, kalo bisa baca do'a dulu sebelum menekan.
  5. Tekan tombol shutter, lalu tunggu. Lamanya anda menunggu tergantung ke-peka-an si dia.... eh, eh.. ngawur! Tergantung speed shutternya, kalo kalian set ke 30 detik ya kalian tunggu 30 detik. Nah, disini teman berperan penting buat ngusir rasa bosen. Kalian bisa ngobrol in soal pelajaran, sekolah, politik (kalo suka), dan lain sebagainya.
  6. Langkah terakhir adalah menikmati hasil foto kalian!

Light Trails by Khashaaisha Al Fikri, shutter speed 30", aparture f/... (lupa)

Oke, tutor ngawur kali ini selesai (padahal nggak ngawur-ngawur banget). Kalo ada yang kurang paham bisa di tanyakan di komentar, atau kalian cari sendiri tutorial di yutub.

Selamat Sabtu malam!

0 Komentar Absurd:

Posting Komentar