Sabtu, 22 Juli 2017

I Hate My Camera

I hate my camera.


Because...



Kamera gue adalah kamera DSLR merk Sony keluaran tahun 2008. Sony a200. Bayangin aja udah kamera gue udah umur sembilan tahun, kalo ibarat anak kecil, udah kelas 4 SD. GUE PUNYA ANAK KELAS 4 SD COBA!!! TERUS IBUNYA SIAPA??!!! Ehm. Oke. Fokus. Barang kuno, desainnya jelek, berat lagi. Karena udah terbiasa dengan berat kamera ini gue sampe kagok megang kamera-kamera keluaran baru kayak Nikon D3200 kepunyaan temen atau Canon 650D kepunyaan sepupu. Uh, rasanya kayak ngga lagi megang kamera.



Terus, yang bikin gue kesel banget sama kamera ini adalah autofokus-nya yang rusak. Jadi setiap kali gue hidupin kamera, autofokusnya geter-geter gitu. Ngeselin lagi kalo udah dapet momen yang pas, udah siap jepret, tapi autofokusnya masih muter-muter gak jelas, kalo udah gitu rasanya pengin ngebanting kamera. Tapi gajadi, gue ubah fokus nya ke manual. Gue benci mode manual ini, rasanya percuma pake manual, kerja dua kali, hasilnya juga belum tentu lebih bagus.

Ketiga, gue benci karena kamera ini ISO range nya mentok sampe 3200. Padahal kamera-kamera sekarang ini ISO range nya bisa sampe 25.600 bahkan mirrorless keluaran Sony bisa lebih besar lagi. Ini juga bikin kesel sih, secara gue lebih suka hunfot malem, padahal sensor ISO gue kecil banget, jadi terpaksa main low shutter speed, padahal gue handheld, alias gak pake alat bantu apapun. Hasil foto jadi blur-blur gitu. Kalo udah gini terpaksa gue main sharpen waktu ngeditnya.

Ke-empat, kamera gue nggak punya fitur mindah viewfinder ke layar LCD. Sebenernya ini nggak jadi masalah yang serius. Tapi bakalan lebih mudah kalo gue bisa makai layar LCD waktu motret. Apalagi waktu ngambil gambar dengan low angle. Sekarang banyak banget kamera yang punya fitur ini. Ini jelas mempermudah waktu pengambilan gambar, jelas-jelas bikin iri.

Selanjutnya, kamera gue belum dilengkapi dengan fitur video recorder. Gue nggak bisa ngerekam video. Padahal sekarang kan lagi ngetrend tuh bikin-bikin video terus di upload ke Youtube. Terus bisa punya subscriber banyak. Terus bisa terkenal. Hehehehehe...



But...


Dari semua kekurangan-kekurangan yang dimiliki si Son (nama panggilan), gue jadi belajar banyak. Gue belajar gimana caranya manual fokus, gue belajar gimana nentuin ISO yang tepat saat di dalam ruangan, gue belajar sabar kalo banyak momen yang gue lewatin cuman gara-gara si Son masih cari-cari fokus, gue juga belajar kalo gue mau bersabar dan terus mencoba gue bakalan dapat hasil yang gue inginkan. Dan masih banyak lagi pelajaran-pelajaran yang gue dapet dari Son.

Pada akhirnya Son tetaplah kamera jadul yang bahkan nggak bisa ngerekam video. Pada akhirnya Son adalah kamera tua yang seharusnya udah pensiun dan disimpen di gudang. Pada akhirnya, Son tetaplah kamera yang sering bikin kesel gue karena kekurangan-kekurangannya. Pada akhirnya, Son adalah kamera pertama gue, kamera yang udah nemenin gue belajar fotografi dari nol sampe sekarang. Pada akhirnya, Son adalah kamera gue yang rela gue bawa kemana-mana. Apalagi waktu di Bali.

Pada akhirnya, Son adalah anak kelas 4 SD gue, anak yang mengajarkan gue apa itu arti sebuah kesabaran.

Selamat Sabtu malam.




0 Komentar Absurd:

Posting Komentar