Sabtu, 17 Januari 2015

DI-BULLY atau Mem-BULLY

Kali ini gue mau ngebahas tentang bully. Bukan bully yang di PS itu, tapi bully di dunia nyata. Sebenernya apa sih bully itu?
Bully itu...

Bullying merupakan suatu bentuk perilaku agresif yang diwujudkan dengan perlakuan secara tidak sopan dan penggunaan kekerasan serta paksaan untuk mempengaruhi orang lain, yang dilakukan secara berulang atau berpotensi untuk terulang, dan...

STOP! STOP! Cukup penjelasan ngebosenin diatas! Yang itu pengertian bully menurut internet. Kalo menurut gue sendiri, bully itu...

Suatu tundakan kekerasan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok terhadap seseorang. Sebenernya bukan tindakan kekerasan aja yang masuk nominasi bully. Sekarang mengejek secara berkelompok terhadap seorang anak cupu yang nggak berdaya juga bisa dianggap bully.Menurut pengalaman gue, bully itu banyak macemnya. Pemalakan, pemalakan secara berkelompok, pengroyokan, sampai pengroyokan dalam model ejekan.

Pengroyokan dalam model ejekan inilah yang paling sering gue alami dan yang paling sering gue lakuin. Yah, jujur aja, gue sebenernya juga sering nge-bully orang tapi nggak sesering gue dibully. Mulai dari ejek-ejekan nama, ejek-ejekan ras, ejek-ejekan bentuk tubuh, ejek-ejekan profesi orang tua, ngejekin yang belum punya pacar... yang ini gue paling sering. paling sering diejek maksudnya. Dan masih banyak lagi macam-macam ejekan.

Buat kalian para pelaku pem-bullyan. Berhentilah! Tobatlah! Inshaflah! Jangan diterusin, buat apa kalian ngelakuin bully? Sekarang udah nggak jamannya. Pikirkan perasaan para korban pem-bullyan kalian. Gimana nanti kalo dia depresi dan ingin bunuh diri? Bahaya kan. Ngehabisin waktu dan tenaga juga. Untuk kalian yang masih suka ejek-ejekan, buat apa? Sekarang udah nggak jaman ejek-ejekan. Kaya anak kecil! Eh, yang ejek-ejekan jangan deh, gue masih suka soalnya... Jadi, kalo kalian masih suka ejek-ejekan itu wajar. :)

Buat kalian para korban pem-bullyan. Melawanlah! Jangan mau-mauan dibully. Coba lawan mereka, pukul, tendang, keroyok. Eh! JANGAN, itu sama aja kalian nge-bully. Coba kalian pindah dari lingkungan yang banyak pelaku pem-bullyan. Pindah tempat duduk, pindah kelas, pindah sekolah, pindah rumah, pindah sekolah, pindah kota, pindah negara, pindah planet, kalo perlu pindah dunia juga nggak masalah. Yang penting menjauh, carilah teman-teman yang menerima kamu apa adanya. Pasti ada walaupun sedikit. Ubah penampilan yang agak kerenan sedikit. Setelah kalian sudah terbebas dari pem-bullyan, jangan balas dendam dan jadi pelaku bully.

Pada intinya kembali ke diri kita masing-masing. Bertanyalah pada diri kalian masinng-masing "Yang manakah aku? Yang di-bully atau yang mem-bully?" Introspeksi. Itulah yang sebenernya harus kita lakuin.

Udah ah, cukup segini untuk malam minggu kali ini. Sampai jumpa dan selamat malam minggu! (Bagi yang malam mingguan)

2 komentar:

  1. Bully...! Ente ngebully... wah ente kagak punya perasaan

    BalasHapus
  2. Masukkan komentar Anda... Saya sejak kecil sampai dewasa sering dibully. Penyebab nya.. Dulu saat saya msh kecil saya sering sakit sakitan shg otak saya jadi bodoh dan badan saya jadi lemah, shg saya kalau sekolah, kerja, olahraga, nyari jodoh, bergaul saya sering diremehkan org, dibodohi org, didiskriminasi org dll. Dulu guru SMA saya ada yg bilang otak dan tenaga saya payah, atasan saya ada yg bilang otak dan tenaga saya tdk memenuhi syarat utk bekerja, teman teman saya ada yg bilang saya bodoh dan lemah, ada yg bilang saya org aneh dan langka, ada yg bilang saya manusia setengah jadi, ada yg bilang saya tdk punya masa depan, ada yg bilang saya tdk berguna dll. Di kampung saya sering difitnah dan jelekin tetangga, dibenci dan dimusuhi teman. Mungkin mereka iri dan dengki dg hidup saya. Saat saya kerja di perantauan saya sering dihina org, ditipu org, dipukul org, difitnah org, ditolak cewek, diremehkan cewek, dimanfaatkan cewek dll. Kmdian saya pulang kampung saya malah nganggur dan jomblo sngt lama, lbh dari 10 thn. Tapi org org bukan kasihan dan bukan menolong saya tp mereka malah bilang hidup saya enak tiap hari cuma makan dan tidur saja.

    BalasHapus