Sabtu, 18 Juli 2015

Marhaban Ya Lebaran

Diawal bulan Ramadan gue udah nulis satu postingan berjudul "Berkah Awal". Yah, semua orang juga tau kalau bulan Ramadan itu bulan yang banyak berkah. Gue juga setuju karena memang gue dapet sendiri keberkahan itu. Terus, apakah diakhir bulan Ramadan ini gue juga dapet berkah?

Tentu!


Lebaran berhubungan erat dengan mudik. Saat lebaran, hampir semua kalangan masyarakat ikut mudik. Begitu juga dengan gue, tahun ini gue ikut mudik. Sebenernya bagi remaja sepantaran gue atau yang lebih muda dari gue itu nggak akan bisa mudik. Kenapa? Kerana pengertian mudik adalah kegiatan perantau untuk kembali ke kampung halamannya. Sedangkan gue, kerja aja belum apalagi merantau?

Saat mudik, salah satu hal yang pasti adalah munculnya acara pantauan arus di televisi. Mudik kayak jadi event tersendiri buat stasiun-stasiun TV untuk menarik penonton. Setiap jam, menit, detik, desidetik, milidetik, sampai nanodetik (nah, gue mulai lebay) pasti ada acara pantauan arus itu. Mungkin nanti kalo udah sakin ekstrimnya, waktu gue lagi seru-serunya nonton pertarungan BimaX lawan Evil Torga, tiba-tiba reporternya nyela, "Maaf mas BimaX, gentian dulu sama acara pantauan arus, lagi penting!". Terus si reporter nyapa penonton, "Yak, pemirsa disini saya melaporkan dari..." Wat de..

Sholat Ied adalah ritual wajib saat Lebaran. Semua orang berbondong-bondong bangun pagi, siap-siap, terus berangkat ke masjid. Pagi itu, semua masjid penuh dengan orang-orang. Anehnya, tanpa direncanakan sebelumnya, kebanyakan orang pada pakai baju warna putih. Gue juga bingung, apa mereka janjian? Atau memang kebetulan?

Lebaran juga identik dengan ketupatnya. Dulu, waktu masih kecil, gue pernah minta diajarin cara bikin ketupat. Setelah beberapa menit mencoba, gue akhirnya menyerah. Ternyata bikin ketupat itu susah. Nah, temen akrab si ketupat siapa lagi kalo bukan opor ayam. Tanpa opor, ketupat nggak enak, seret. Ketupar dan opor ayam nggak bisa dipisahin, mereka salaing melengkapi, dan salaing mencintai (oke, gue mulai gila.).Eh, puasa gue batal nggak ya ngomongin opor sama ketupat? Jujur aja ini ditulis di hari ke-28.

Nah, sekarang saatnya berkah yang semua orang tunggu-tunggu. Te Ha eeeeeeRRRR!! Siapa sih yang nggak nungguin THR? Ya, ini adalah salah satu alasan wajib orang-orang nungguin lebaran. Tradisi berkunjung dari rumah ke rumah dengan alasan silaturahmi. Tapi akhirnya salam tempel lah yang ditunggu. Yah, kenangan masa lalu, coba aja kalo gue yang sekarang ngelakuin kayak gitu, bisa malu atau bahkan malu-maluin. Bayangin aja anak 15 tahun kelas sepuluh SMA, tiba-tiba dateng ke rumah tetangga atau saudara hanya untuk makan beberapa kue dan bilang, "Om, THRnya mana?"



Dengan berakhirnya lebaran, berarti berakhir juga Ramadan. Nggak ada lagi acara buka berasama, sahur on the road, atau tarawih. Nggak ada lagi jerit-jerit ketakutan dari gue yang kaget karena suara pertasan. Ramadan, terimakasih sudah ngumpulin keluarga yang biasanya nggak bisa ngumpul, terimakasih sudah membuat orang yang bermusuhan saling memaafkan, terimakasih sudah membuat orang yang biasanya pelit bisa memberikan THR.


Ramadan...

Terimakasih.

Gue dan segenap tulisan-tulisan gue mengucapkan, Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin!
Oh, iya si Io juga pingin ngucapin nih...

Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin yaa!

Salam, Io si jam tangan.

Dan Selamat Sabtu malam!

2 komentar:

  1. Mengenai berkunjung ke rumah tetangga saat lebaran, tahun ini gue masih ngelakuin itu. Dan anehnya, gue masih dapat THR. Padahal udah kelas dua belas loh XD
    Anehnya lagi, pendapatan gue bukannya makin berkurang, tapi makin bertambah dari tahun ke tahun.
    Tapi ya... tahun ini meski pendapatannya lebih banyak dari sebelumnya, tapi itu belum pendapatan bersih. Karena gue juga ngasih THR ke adik sepupu gue T_T

    Mohon maaf lahir dan batin ya Fik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf lahir dan batin juga bang!

      Makasih udah mampir dan berbagi cerita lewat komen.

      Weh, kelas duabelas berarti adek kelas dong gue :v

      Hapus