Sabtu, 27 Juni 2015

Writing Watches : Puasa

Halo para manusia! Ketemu lagi sama aku, Io si jam tangan.



Eh?! Kalian belum tahu siapa aku? Yang bener? Kalau yang belum tau, kenalan dulu, klik di SINI (klik tulisan SINI). Oke deh, kalo kalian udah kenal, lanjut baca aja. Masih dalam suasana Ramadan. Kali ini aku mau bahas hal-hal apa saja yang identik dengan Ramadan. 



1. Ramadan, itu pasti puasa.

Apa sih, puasa itu? Puasa itu menahan lapar dan haus, nggak makan dan nggak minum, dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari. Maaf kalau kurang bener, maklum namanya juga jam tangan. Wah, aku nggak bisa ngebayangin gimana rasanya nggak makan seharian. Makanan kan sumber tenaga manusia, aku aja kalo baterai udah hampir habis teriak-teriak minta diganti sama si Bro. Waktu itu aku iseng tanya sama si Bro gimana rasanya nggak makan sama nggak minum seharian. Si Bro dengan entengnya ngejawab,

"Biasa aja, kalo kita ikhlas puasa, semuanya jadi nggak kerasa. Kayak kita nungguin serial BimaX setiap minggu, kan nggak kerasa."

Si Bro emang kadang-kadang sok bijak. Eh, tunggu... "kita"? Aku nggak pernah nonton BimaX! Beneran! Emangnya aku anak kecil... Tapi BimaX waktu ngeluarin jurus keren juga yah.


2. Sebelum puasa pasti sahur dulu.

Sahur. Iya, sahur. Jadi, sahur itu makan di pagi buta untuk menyimpan energi waktu puasa siangnya. Jadi semacam power saving gitu. Pernah waktu itu si Bro nyetel alarmku jam 03.30, dia nggak tau kalo alarm jam tangan cuma efektif kalo penggunanya terjaga, soalnya suara alarmnya kecil. Si Bro jadi telat bangun, aku dimarahin. Tapi aku sambil senyum-senyum nahan ketawa, bodohnya majikanku. dia jadi bangun jam 4.00 mepet imsak. Imsak itu kalau nggak salah adalah batas waktu boleh makan sahur atau tanda dimulainya waktu puasa. Bener kan?


3. Setelah puasa, saatnya berbuka.

Buka puasa ditandai dengan adzan maghrib. Setelah adzan maghrib, manusia-manusia yang berpuasa, yang menahan lapar dan haus dari pagi, diperbolehkan kembali untuk makan dan minum. Si Bro paling semangat kalau sudah adzan Maghrib, dia sampai lari keluar kamar begitu denger adzan. 

Makanan saat berbuka disebut ta'jil. Ibunya si Bro biasanya bikin sendiri makanan buat ta'jil, tapi hari ini si Bro disuruh keluar untuk beli ta'jil. Makanya aku bisa nulis ini. Makanan ta'jil buatan ibunya si Bro enak-enak loh.. es blewah, es leci, kolak pisang, pisang goreng, sampai es kelapa muda. Tapi yang harus ada saat berbuka di keluarga si Bro sih, teh anget manis.


4. Malam Ramadan harus Tarawih.

Setelah berbuka, biasanya anak-anak disekitar rumah si Bro pada main petasan. Si Bro nggak suka sama petasan, dia takut. Dia nggak berani keluar rumah, cuman dirumah sambil tutup telinga. Cemennya majikanku. Suara perang petasan berakhir saat adzan Isya' dan Tarawih. Tarawih itu sholat istimewa yang cuma ada di bulan Ramadan. Ada dua macam banyak rakaat saat Tarawih, 11 dan 23. Si Bro biasanya pilih masjid yang Tarawihnya 11 rakaat.


5. Diakhir Ramadan, ada lebaran.

Ini saat yang ditunggu-tunggu sama si Bro dan aku. Lebaran. Ini tanda kalo Ramadan udah selesai, puasa wajib udah berakhir. Jadi bebas makan lagi. Lebaran identik dengan ketupat dan opor ayam, identik dengan Sholat Ied. Sholat Ied atau Idul Fitri ini rameeeeeee banget. Setiap masjid penuuuuuuh sama orang-orang yang mau sholat. Setelah sholat, semua manusia pada silaturahmi ke rumah saudara atau tetangga. Ah, udah ah.. belum juga lebaran.


Udah ya, si Bro udah pulang dari beli ta'jil. Sampai Jumpa! Selamat pu... aku kan nggak puasa.. nggak apa deh. Selamat Puasa!

2 komentar:

  1. Duh, ceritanya jam tangannya yang nulis. Namanya siapa, nih? Btw, ini true story banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kak? namaku Io.. pakai i bukan l. Kalo si Bro, panggil aja Fikri

      Hapus